Belajar Itu Tanpa Batas



Belajar itu tanpa batas
Perlu kita sadari sejak dini pada diri kita betapa pentingnya pendidikan, karena dengan  pendidikan baik itu formal atau non formal seseorang akan mampu melakukan pekerjaan sesuai dengan [lmu yang dimiliki. Seiring dengan perkembangan jaman,  maka kita harus terus belajar dan belajar untuk supaya kita tidak tertinggal ataupun tergilas oleh jaman.
Dalam sebuah hadist


Dari bahasa disana dapat kita lihat bahwa terdapat kata perintah, artinya rasullullah SAW mengingatkan pada kita betapa pentingnya menuntut ilmu. Karena ada banyak hal- hal yang tidak kita ketahui karena keterbatasan pengetahuan kita tentang hal-hal tersebut, kecuali orang –orang yang berilmu. Sebagaman ditegaskan dalam al Quran surat Al Ankabut ayat 43 yang artiny:” dan perumpamaan-perumpamaan ini kami(Allah) buatkan untuk manusia, yang tiada memahaminya kecuali orang-orang “alim.  
Apalagi dalam era sekarang ini akan terasa bagi mereka yang lemah ilmunya, dalam menghadapi tantangan baru dalam hal teknologi saja, jika kita tidak terus belajar dan belajar maka sudah pasti kita akan tergilas dalam persaingan yang disebabkan lemahnya ilmu yang kita miliki. Belum lagi jika ditengah masyarakat kita sudah pasti kita akan banyak menemukan keaneka ragaman persoalan  dimasyarakat, yang semuanya itu hanya bisa dijawab oleh orang-orang yang memiliki ilmu.
Sedemikian besarnya manfaat bagi orang yang berilmu,namun banyak saudara-saudara kita belum bersungguh –sungguh dalam menuntut ilmu. Sedangkan dalam menuntut ilmu perlu kesadaran dari kita, karena tanpa ada kesadaran maka akan sulit kita untuk sabar, sehingganya seberapapun besar atau kecil kesabaran yang diberikan Allah kepada kita, maka insya Allah kita akan mampu untuk bersyukur. Karena dengan kita pandai bersyukur maka sesuai dengan janji Allah , Allah akan menambah kenikmatan (ilmu) kepada kita.
Selain itu juga dalam hal menuntut ilmu harus ditanamkan sifat ta;zim terhadap guru kita agar supaya kita mendapatkan barokah sehingga ilmu yang didapat akan memberi banyak manfaat  bagi kita .
Dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘adi, Rasullulah telah bersabda :” bukan akhlak seorang mukmin merendahkan diri kecuali dalam menuntut ilmu(murid kepada guru/mukmin kepada ‘alim).
 Walau  nampak sulit dalam menuntut ilmu, namun yakinlah tidak ada yang tidak mungkin ketika Allah berkehendak. Oleh karena itu, teruslah kita berupaya karena tidak ada hal yang sia sia jika semua itu kita niatkan karena Allah ta’ala.
Dibawah ini coba kita perhatikan betapa nikmatnya menjadi orang  yang berilmu, sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Ghazali,


Imam ghazali berkata:”
1.       Ilmu itu adalah kehidupan dari kebutaan
2.       Ilmu itu adalah penglihatan dari kegelapan
3.       Ilmu itu adalah kekuatan badan dari kelemahan
4.       Ilmu itu adalah pegangan manusia menjadi bijak
5.       Ilmu itu adalah yang menyampaikan hamba kepada derajat yang tinggi
6.       Tafakur tentang ilmu mengimbang puasa sunah
7.       Mempelajari ilmu adalah mengimbangi sholat sunnah
8.       Dengan ilmu manusia bisa ta’at dan menyembah Allah SWT
9.        Dengan ilmu manusia bisa diberi janji
10.   Dengan ilmu manusia ditauhidkan oleh Allah kepada Allah SWT
11.   Dengan ilmu manusia mendapatkan kemuliaan
12.   Dengan ilmu manusia bisa menjadi waro’
13.   Dengan ilmu sanak kerabat disambung
14.   Dengan ilmu manusia dapat mengetahui halal dan haram
15.   Ilmu itu adalah pemimpin,  sedangkan amal adalah pengikut
Demikianlah sekelumit gambaran untuk kita semua renungkan semoga Allah menuntun kita dijalan menuju Ilmu Allah SWT, Waallahu ‘a’lam bissawab

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Itu Tanpa Batas"

Post a Comment